Trik Mengalibrasi Timbangan Digital

timbangan digitalMemiliki sebuah timbangan digital memang sangat menguntungkan karena Anda bisa menggunakannya untuk menimbang berbagai benda. Selai itu, jenis-jenis timbangan yang ada juga sangat bervariasi sesuai dengan fungsinya. Jika Anda ingin mengontrol berat badan Anda maka bisa membeli sebuah timbangan badan. Timbangan juga banyak digunakan di dunia perdagangan atau di toko-toko untuk menimbang produk yang dijual. Agar timbangan dapat bertahan lama dan juga awet maka Anda perlu merawatnya dengan baik. Cara merawat timbangan juga cukup mudah dengan cara menyesuaikan berat benda yang di timbang dan tidak boleh memilihi kapasitas maksimalnya. Selain itu, Anda juga harus mengatur kalibrasi timbangan secara rutin untuk mendapatkan hasil timbangan yang akurat.

Cara Mengalibrasi Timbangan Digital

Bagi Anda yang memiliki sebuah timbangan digital sangat penting untuk selalu mengatur kalibrasi dengan baik. Sebab jika tidak diatur maka hasil timbangan akan berubah atau eror. Dengan demikian maka hasil timbangan dari benda yang Anda timbang tidak sesuai atau cenderung kelebihan atau justru kurang. Nah, untuk itu Anda perlu melakukan kalibrasi timbangan secara benar dengan cara-cara berikut ini. Pertama, sebaiknya tempatkan atau letakkan timbangan tersebut di tempat yang rata dan jangan di tempat yang agak miring. Sebab bisanya timbangan yang sedang eror atau bermasalah akan menghasilkan timbangan yang bias. Kedua, Anda bisa mengeceknya dengan cara melakukan penimbangan menggunakan sebuah alat standar timbangan yang tersedia.

Nah, jika timbangan tidak menunjukkan hasil yang tepat dari benda yang Anda timbang maka perlu melakukan kalibrasi. Namun jika hasil timbangan masih normal atau artinya sama dengan berat sesungguhnya dari benda yang Anda timbang maka tidak usah melakukan kalibrasi. Keempat, untuk melakukan kalibrasi timbangan dengan baik Anda bisa menyesuaikannya berdasarkan fluktuasi dari pengukuran yang dilakukan. Biasanya hasil timbangan yang tidak sesuai akan jauh lebih banyak dari berat sebenarnya. Kelima, saat proses kalibrasi sebaiknya jauhkan timbangan dengan peralatan elektronik lainnya karena dapat mengganggu proses kalibrasi tersebut. Tunggulah hingga hasil kalibrasi timbangan digital berhasil dan Anda bisa menggunakannya kembali dengan hasil akurat.

Related posts:

Comments are closed.