Pentingnya Pembayaran PPh 21

pajak onlineSesuai Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-32/PJ/2015 ada beberapa pihak yang dikenakan membayar pajak terutama pajak penghasilan. Pajak penghasilan atau yang lebih dikenal dengan PPh 21 diterjemahkan sebagai pajak dari penghasilan berupa gaji, upah, tunjangan, honor, komisi dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apa pun yang sehubungan dengan pekerjaan, jasa, dan kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi sebagai subyek pajak dalam negeri. Pajak jenis ini biasanya tidak dibayarkan secara langsung oleh pribadi yang bersangkutan atau pekerja dari suatu perusahaan melainkan melalui pemotongan dari pihak-pihak yang wajib memotong penghasilan seperti pemberi pekerjaan, pembayar gaji atau upah, pemberi honor, komisi dan tunjangan serta bendahara atau orang yang memegang kas pemerintah.

Seberapa Penting Peserta Wajib Pajak Mengetahui PPh 21?

Mendapati penghasilan gaji yang biasanya terdapat potongan tentunya Anda sebagai karyawan atau pegawai merasa nyesek bukan? Meskipun pemotongan penghasilan Anda nantinya dialokasikan untuk pembayaran pajak pada negara namun apabila Anda tidak mendapatkan kejelasan uang pemotongan tersebut sudah pasti Anda tidak mengetahui uang Anda akan dialokasikan kemana. Lepas dari pikiran yang terlalu menyimpang, namun setidaknya Anda pun harus selalu mengetahui besar presentasi PPh 21 yang perlu Anda bayarkan. Untuk itu, pengetahuan mengenai wajib pajak pun sebaiknya tertanam pada setiap pribadi orang atau peserta wajib pajak agar memiliki kesadaran wajib pajak yang tinggi dan secara rutin membayarkan besaran biaya wajib pajak yang ditanggungnya.

PPh 21 atau pajak penghasilan 21 ini secara tegas telah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-32/PJ/2015. Dalam peraturan tersebut sudah dijelaskan mengenai pengertian, pihak pemotong penghasilan, objek wajib pajak, peserta wajib pajak, dan hal yang paling penting adalah tarif wajib pajak. Oleh karena itu, pemahaman mengenai wajib pajak ini dapat Anda peroleh dengan membaca semua hal yang berada dalam peraturan tersebut dan juga dapat Anda akses melalui jaringan internet yang mana dalam beberapa website khususnya website resmi dari penyedia pajak.

Related posts:

Comments are closed.