Modal Cara Bikin Motor Drag

cara membuat motor dragDrag bike atau drag race merupakan suatu ajang kompetisi balap motor dimana pembalap yang mencapai finish lebih cepat, maka dialah pemenangnya. Namun yang membedakan adalah, drag rice menggunakan trek dengan lintasan lurus. Biasanya dalam satu kali pertandingan hanya melibatkan dua pembalap saja dan panjang lintasan hanya sekitar 200 meter. Dalam drag race juga terbagi dalam beberapa kelas berdasarkan CC-nya. Yaitu kelas campuran 250 cc 2 langkah tune up, kelas bebek 125 cc 4 langkah tune up, kelas sport 150 cc 2 langkah tune up dan kelas bebek 125 cc 2 langkah tune up. Apabila seorang drag racer ingin menang dalam kompetisi, maka motor harus dibuat seringan mungkin. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya berapa modal yang harus dikeluarkan untuk cara bikin motor drag?

Berapa Biaya Cara Bikin Motor Drag

Untuk memodifikasi motor standar menjadi motor drag itu tergantung dari model serta spesifikasi yang diinginkan. Motor akan dibangun ulang untuk memenuhi spesifikasi dalam balap drag, namun hanya menyisakan mesinnya saja. Komponen lain seperti, rangka, pelek, tangki dan sadel sudah diubah. Cara bikin motor drag di kelas 150 cc kebanyakan menggunakan motor sport atau mesin ninja. Dan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 7 juta, belum termasuk mesin, pelek, rangka, ban, swing arm, dan tromol. Tapi apabila dihitung dengan komponen-komponen tersebut maka akan membengkak menjadi Rp 12 juta. Berbeda dengan motor underbone, untuk satu unitnya ditambah dengan aksesoris hanya membutuhkan modal Rp 5 juta belum termasuk mesin. Hitungan tersebut masih termasuk murah jika dibandingkan dengan drag race untuk kejuaraan nasional. Sebab untuk keperluan balap di sirkuit, tim balap harus mengganti settingan motor tiap kali menghadapi sirkuit baru.

Jenis-jenis motor yang biasa digunakan dalam cara bikin motor drag adalah motor 2 tak, karena dirasa paling cocok digunakan sebagai motor drag serta lebih mudah melesat cepat pada motor. Namun ada juga yang menggunakan motor 4 tak juga tak kalah cepat dengan motor 2 tak.

Related posts:

Comments are closed.