Merawat Kesehatan Gigi Anak

tips kesehatanSama halnya dengan orang dewasa, menjaga kesehatan gigi pada anak merupakan hal penting yang tidak bisa dikesampingkan. Salah satu masalah gigi pada anak yang banyak dikeluhkan masyarakat adalah gigi berlubang atau cavities. Hal ini umum dijumpai pada anak-anak mengingat mereka menggemari makanan manis. Beragam camilan manis sangat disukai mereka. Sebut saja cokelat, ice cream, permen, dan banyak lagi. Hampir setiap anak menyukai camilan ini dan mengkonsumsinya setiap hari.

Sebenarnya, boleh saja anak mengkonsumsi makanan ini, namun lebih bijak rasanya bila orang tua mengatur waktu konsumsi makanan manis ini. Misalnya dengan tidak memberikan kesempatan bagi anak untuk memakannya setiap mereka menginginkan. Memberikan penjelasan singkat kepada anak sepeti bakteri dan virus yang akan memakan sisa cokelat pada gigi mereka pada akhirnya justru akan menghasilkan lubang di gigi mereka merupakan langkah yang dirasa tepat dalam memberikan penalaran kepada anak.

Selain itu, penting rasanya mengajari anak minum air putih banyak-banyak setelah mereka menghabiskan kudapan manis. Air putih akan mendorong sisa makanan manis ini tertelan sehingga jumlah yang tertinggal dalam gigi menjadi berkurang. Hal ini membuat risiko serangan bakteri pada rongga mulut menjadi lebih kecil. Selain itu, anak juga harus dibiasakan menggosok gigi secara teratur pada pagi dan malam hari. Dengan membersihkan gigi secara teratur, gigi merek juga akan lebih terawat dengan semestinya.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang adalah dengan mengganti camilan manis dengan makanan yang lebih sehat. Buah potong, yoghurt, kudapan asin merupakan makanan substitusi yang dapat diberikan kepada anak selain kudapan manis. Dengan mengurangi rasa manis, risiko anak mengalami sakit gigi menjadi lebih kecil.

Melakukan pemeriksaan gigi anak secara teratur pada dokter gigi anak merupakan hal lumrah yang penting untuk dilakukan. Minimal sekali dalam enam bulan, kondisi gigi harus dipantau oleh dokter gigi. Penjelasan dari dokter gigi juga akan membantu orang tua dalam menjaga kesehatan gigi anak di masa yang akan datang. Sekarang ini, banyak dokter gigi yang mengkhususkan diri merawat gigi anak sehingga selama masa pemeriksaan orang tua tidak perlu khawatir. Mereka akan membuat anak merasa nyaman dan tidak takut harus memeriksakan gigi pada dokter secara berkala.

Related posts:

Comments are closed.