Mendaur Ulang Sampah Dapat Keuntungan

peluang usahaDalam kehidupan sehari-hari Anda tentu tahu bukan yang namanya sampah? Banyak orang yang hanya menganggap sampah itu tidak berguna. Padahal, sampah bisa didaur ulang menjadi barang siap jual. Tentu saja tidak semua sampah bisa didaur ulang menjadi sebuah kerajinan atau barang yang berguna. Plastik, botol, ban dan kaleng bekas adalah sampah yang umumnya bisa didaur ulang untuk dijadikan barang yang lebih bernilai ekonomis. Anda bisa memulai mendaur ulang sampah dan menjadikannya bisnis. Sehingga sampah pun bisa berharga dan bernilai jual yang membawa keuntungan bagi Anda.

Sampah Daur Ulang Bernilai Jual

Siapa sangka jika plastik bekas, botol bekas, hingga kaleng bekas bisa menjadi barang dengan nilai jual lebih tinggi daripada hanya berakhir di tempat sampah? Semua barang bekas tersebut bisa didaur ulang dengan kreativitas Anda menjadi barang-barang yang lebih berguna. Jika mungkin Anda biasa melihat plastik bekas misalnya plastik bungkus kopi atau snack ringan, mengapa tidak mencoba membuat tas plastik untuk belanja dari bekas plastik tersebut? Plastik bekas itu tinggal Anda cuci sampai bersih, lalu disusun menyerupai tas dengan model yang Anda inginkan dan jahit. Anda bisa menjualnya sembari mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dengan selalu membawa tas belanja sendiri saat berbelanja.

Selanjutnya mungkin Anda bisa membuat celengan anak dari kaleng-kaleng bekas. Kaleng bekas dengan ukuran sedang atau besar biasanya adalah bekas kemasan susu formula. Kaleng ini bisa Anda cuci bersih lalu buat lebih menarik dengan mengecatnya dengan desain yang menarik. Lalu beri penutup dengan plastik dan beri lubang untuk memasukkan uang. Kaleng bekas ini bisa juga Anda buat untuk membuat lampu hias. Membuat barang bekas menjadi barang yang lebih bernilai ini memang membutuhkan kreativitas dari Anda sendiri. Tidak ada salahnya Anda rajin mencari referensi dari berbagai sumber. Semua barang yang Anda hasilkan bisa Anda jual dengan nilai yang lumayan menguntungkan. Anda bisa menjualnya secara online di internet seperti sosial media atau portal jual beli online.

Related posts:

Comments are closed.