Menanam Melon Untuk Usaha

peluang usahaMelon yang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh tentunya sangat dikenal di Indonesia. Seperti memiliki kandungan zat anti kanker, membantu sistem pencernaan, menurunkan resiko sakit jantung dan stroke, mencegah penggumpalan darah dan juga dapat menurunkan resiko penyakit ginjal. Karena itulah melon cukup laku di pasaran, selain itu juga rasa melon yang manis dan lembut ini harganya juga cukup terjangkau. Melon yang tumbuh dengan baik pada ketinggian 250-700 meter di atas permukaan laut alias hawa yang agak dingin dengan curah hujan yang ringan. Anda dapat menanamnya dalam polybag sebagai langkah awal dalam memulai usaha budidaya melon ini. Polybag yang digunakan berukuran 37x40cm. Kemudian menyiapkan batang bambu untuk topangan dahan melon yang merambat.

Pada media tanam diberi tanah, abu sekam, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1 kemudian masukkan bibit melon pada tanah tersebut. Setelah sekitar umur 14 hari persemaian tumbuh lalu masukkan setiap batang melon pada 1 polybag. Setelah 5-8 hari mulai memasang lanjaran untuk perambatan tanaman melon sambil Anda atur arah rambatannya. Kemudian aturlah dahan rambatannya dengan memangkas dan memilih bakal buah yang akan dibesarkan. Gunanya untuk memaksimalkan hasil dari buah melon tersebut. Biasanya cabang yang muncul pada ketiak daun yang muncul pada daun 1-8 dipotong dan membiarkan cabang pada ketiak daun ke 9 hingga 13 dibiarkan dan dipelihara hingga pembuahan. Dan dahan yang selanjutnya dipotong agar pertumbuhan buah dapat maksimal.

Pemupukan juga harus dilakukan dengan menggunakan pupuk mutiara pada hari ke 14, 24 ,34, 44 dan hari ke 54 setelah penanaman. Dan dalam pengendalian hama Anda dapat melakukannya dengan manual atau dengan menggunakan insektisida. Dan untuk mencegah dari serangan penyakit dapat menggunakan fungisida sistemik. Dan biasanya masa panen buah melon adalah 3 bulan setelah penanaman. Biasanya melon dapat dipanen setelah pada kulit terlihat bentuk jala putih dengan warna kulit hijau kekuningan dan mengeluarkan aroma khas melon. Dan sebaiknya dipanen saat melon belum matang benar untuk memberi waktu pada proses pendistribusian.

Related posts:

Comments are closed.