Cara Mandi Terbaik Bagi Tubuh Anda

tips kesehatanArtikel kali ini akan mengulas tentang perbandingan mandi dengan air dingin atau air panas untuk kesehatan. Mandi yang umum dilakukan adalah dua kali dalam sehari, tujuan dari mandi untuk membersihkan tubuh anda dari kotoran-kotoran yang menempel pada tubuh anda. Mandi pun bisa menggunakan air hangat dan dengan menggunakan air dingin. Air panas akan memberikan kesan hangat dalam suasana dingin dan air dingin dapat membuat tubuh anda terasa sangat segar.

Tapi apakah air yang sebaiknya digunakan untuk mandi bagi kesehatan? Air dingin atau air hangat. Sebagian orang lebih suka mandi dengan air dingin dan sebagian lagi menggunakan air hangat. Kesan yang mereka berikanpun bervariasi. Tapi kali ini akan dibahas masing – masing dari air tersebut. Berikut ulasannya :

  1. Air dingin

Air dingin memang akan memberikan kesan yang sangat menyegarkan untuk tubuh kita saat kita mandi dan selesai mandi. Mandi dengan air dingin juga bisa meningkatkan suasana hati karena dapat merasang hormon tertentu dalam tubuh anda yang membuat anda menjadi sangat bersemangat. Bahkan dengan air dingin bisa meningkatkan kefokusan anda dan tingkat waspada anda. Selain itu, dengan air dingin dapat mempercepat proses metabolisme tubuh. Mandi dengan air dingin di waktu pagi sangat cocok sekali dan bermanfaat karena dapat membuat anda lebih energik dan memperkuat sistem imun tubuh. Secara tidak sadar, air dingin dapat mengencangkan kulit anda.

  1. Air hangat

Air hangat bisa membuatmu lebih melek dan mengurangi rasa ngantuk. Bahkan bisa menghilangkan rasa lelah dan penat dalam tubuh anda. Air hangat pun dapat menghilangkan racun dalam tubuh anda. Mandi dengan air hangat disarankan pada malam hari atau setelah anda selesai beraktivitas. Karena setelah anda beraktivitas, akan menghilangkan kelelahan anda. Bahkan semakin tinggi suhu akan membuka pori-pori kulit anda dan kotoran yang ada dalam kulit lebih terambil secara dalam. Dengan hangat yang diberikan akan meredakan anda dari hidung tersumbat.

Ternyata dari masing-masing air yang digunakan dalam mandi mempunyai keunggulannya masing-masing. Dan bisa kita ambil sebuah kesimpulan bahwa air dingin lebih cocok dipakai saat mandi pagi agar anda semangat dan air hangat lebih cocok dipakai saat mandi malam, agar anda merasa lebih rileks. Jadi keduanya sama-sama sehat bila ditempatkan pada waktu yang tepat.

Related posts:

Comments are closed.