Bermain Untuk Melatih Kepintaran Anak

kepintaran anak Dunia anak adalah dunia bermain dan belajar. Bermain bersama anak merupakan aktivitas yang cukup menyenangkan bagi orang tua seperti Anda. Namun, Anda mungkin pernah merasakan sulitnya mengajak anak untuk belajar. Oleh karena itu, Anda harus memutar otak bagaimana cara mudah untuk melatih kepintaran anak. Salah satu metode yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih permainan edukatif. Permainan edukatif merupakan semua jenis mainan yang dapat memberikan pengalaman dan pendidikan kepada anak.

Apa Saja Jenis Permainan Edukatif Yang Dapat Melatih Kepintaran Anak?

Jika hanya mengajarkan anak membaca, menulis, dan berhitung mungkin anak Anda akan merasa bosan. Namun, dengan permainan edukatif maka si kecil tidak akan merasa bosan karena bisa belajar sambil bermain. Lalu, apa saja permainan yang mampu merangsang dan melatih kepintaran anak? Ini dia jawabannya:

  1. Puzzle, yaitu permainan menyusun kepingan-kepingan menjadi kesatuan yang utuh dan membentuk gambar tertentu. Permainan ini mampu melatih kesabaran dan meningkatkan nalar anak untuk berpikir runtut dan logis.
  2. Lego, yaitu permainan dalam bentuk kotak dengan bulatan-bulatan kecil yang dapat disusun menjadi satu kesatuan dengan piece yang lain. Permainan ini memberikan banyak manfaat bagi anak, yaitu mengenal warna, bentuk, dan ukuran, serta mampu melatih daya imajinatif dan kreativitas.
  3. Rubik, adalah mainan berbentuk kubus yang pada masing-masing sisinya terdiri dari kotak-kotak kecil dengan warna yang bervariasi. Permainan ini dilakukan dengan cara memutar setiap kotak-kotak kecil pada porosnya agar pada setiap sisi terdiri dari warna-warna yang seragam. Permainan ini dapat melatih kesabaran, kecerdasan, dan daya ingat.
  4. Teka Teki Silang, adalah permainan yang mampu meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan anak. Permainan ini dianggap sebagai senam otak karena mampu melatih daya ingat dan konsentrasi. Anda bisa membuat atau membeli buku teka-teki silang sederhana khusus untuk anak-anak, dimana pertanyaan-pertanyaannya tidak terlalu rumit dan berkaitan dengan dunia anak-anak.

Itulah beberapa permainan yang mampu melatih kepintaran anak Anda. Dengan melakukan permainan tersebut maka anak Anda bisa bermain sambil belajar, sehingga waktu yang anak habiskan tidak hanya untuk bermain saja, melainkan juga mendapatkan manfaat berupa meningkatnya kecerdasan otak, daya ingat, konsentrasi, dan kreativitas.

Related posts:

Comments are closed.